• gambar
  • gambar
  • SMP Negeri 160

Selamat Datang di Website SMP NEGERI 160 JAKARTA. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


SMP NEGERI 160 JAKARTA

NPSN : 20103564

Jl.SMP 160 No.34 TMII, Ceger, Cipayung Jakarta Timur


info@smpn160jkt.sch.id, smpn_160@yahoo.com, smpnseratusenampuluh@gmail.com

TLP : 0218441330


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 56567
Pengunjung : 23721
Hari ini : 39
Hits hari ini : 147
Member Online : 0
IP : 44.197.197.23
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

TRIK JITU BELAJAR DARING SERU BAGI PARA GURU




Penulis  : Asmara Rosinta,S.Pd

Tanggal : 20 Juni 2020

SUMBER: https://www.google.com/imgres?imgurl=https%3A%2F%2Fgencil.news%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F09%2Fbelajar-daring.jpg&imgrefurl=https%3A%2F%2Fgencil.news%2Fgaya-hidup%2Ftips%2Ftips-tidak-bosan-belajar%2F&tbnid=aGoryKkRXiy1nM&vet=12ahUKEwis1OO0x63xAhXFm0sFHb_zB0oQMygmegUIARDgAQ..i&docid=z19h4B_-XOTspM&w=1200&h=675&q=foto%20gambar%20belajar%20daring&safe=active&ved=2ahUKEwis1OO0x63xAhXFm0sFHb_zB0oQMygmegUIARDgAQ

Menjadi seorang Guru tidaklah mudah. Apalagi semenjak masa pandemi covid-19, dimana pembelajaran dilaksanakan secara daring. Kalau boleh jujur,  sering kali dalam pembelajaran daring ditemui kejenuhan baik dari peserta didik maupun guru.  Bagaimana bisa mencapai tujuan pembelajaran yang sudah kita tentukan? Hal ini menjadi sebuah tantangan baru bagi guru yang haruslah dihadapi. Nah, untuk itu saya akan membagikan tips jitu kepada para guru agar dapat menciptakan suasana pembelajaran daring seru. Simak yuk tips-tipsnya :

  1. Lakukan dengan sepenuh hati

Adalah lebih eloknya segala sesuatu dimulai dari hati, segala sesuatu yang dimulai dari panggilan jiwa pastilah akan menghasilkan sesuatu yang baik. Sebagai guru ada baiknya melakukan pembelajaran dengan sepenuh hati, ini akan terpancar dari tingkah laku/tindakan  selama mengajar. Maksudnya bagaimana ya? Maksudnya seperti ini saat mengajar kita pastinya akan menyambut peserta didik dengan senyuman, nada suara yang semangat, memberi guyonan kecil agar pembelajaran tidak bosan, memberikan apresiasi berupa pujian, atau memotivasi peserta didik untuk terus mau berusaha dalam mencapai ketuntasannya. Ini akan membuat suasana pembelajaran yang menyenangkan dan pastinya peserta didik akan selalu menunggu kapan tiba saatnya pembelajaran dari guru bersangkutan.

  1. Persiapkan perangkat pembelajaran

Jika kita sebagai guru pastilah sudah tidak asing mendengar istilah perangkat pembelajaran. Yups..Perangkat pembelajaran adalah senjata atau alat persiapan yang harus disusun oleh guru dengan tujuan agar kegiatan pembelajaran dapat dilaksanakan dan sesuai dengan yang diharapkan. Perangkat pembelajaran terdiri dari silabus, rpp, prota, promes, buku absen, buku jurnal, buku penilaian, bundel portofolio, bank soal, dan media. Semua wajib disiapkan dengan sebaik-baiknya agar bisa mencapai ketuntasan. Dari sinilah kita bisa memilah-milah materi-materi mana yang nanti bisa dikembangkan agar menjadi interaktif.

  1. Setting kelas daring dengan nyaman

Maksudnya disini adalah guru benar-benar mempersiapkan kelas daringnya. Pilihlah kelas daring yang menyenangkan dan sesuaikan dengan kondisi serta kebutuhan di sekolah masing-masing. Ada banyak pilihan kelas online yang bisa dipilih, misalnya Google Class Room, Microsoft Teams, atau lainnya. Setelah memilih maka aturlah kelas dengan baik, pengaturan kelas bisa dilakukan dengan menentukan fasilitas-fasilitas pendukung yang tersedia dalam aplikasi. Misal pada google class room bisa memilih virtual background atau yang lainnya. Jika kelas disiapkan dengan baik maka akan tercipta suasana nyaman di kelas online.

  1. Jalin komunikasi yang efektif dengan peserta didik

Dalam daring sering sekali ditemui kekakuan dalam berkomunikasi atau berinteraksi. Biasanya peserta didik lebih suka mematikan kamera dan mematikan micnya saat guru melakukan pertemuan virtual. Padahal di sini adalah saat yang tepat bagi guru dan peserta didik melakukan pembelajaran sekaligus bersosialisasi. Keadaan seperti ini tidak mungkin dibiarkan, oleh sebab itu guru haruslah merangkul peserta didik agar mau berkomunikasi dalam pembelajaran daring. Selain itu guru dapat memberi pendekatan personal dengan memberi pemahaman bahwa komunikasi di pembelajaran daring dengan tatap muka   sama saja, hanya pada daring menggunakan media sebagai penyambung komunikasi.

  1. Model pembelajaran yang efektif

Pilihlah model pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran abad 21. Pemilihan model pembelajaran yang efektif akan membuat suasana pembelajaran akan menarik dan tidak membosankan. Ada banyak model pembelajaran yang bisa dipilih, misalnya saja problem based learning disini peserta didik dapat bekerjasama melalui diskusi dalam memecahkan masalah dengan mencari jawaban melalui mesin pencari pada gawai atau laptop. Kemudian peserta didik dapat menyajikan hasil laporan diskusinya dengan berbagai bentuk (portofolio,poster,peta konsep, power point atau lainnya). Jika ini dijalankan dengan tepat maka peserta didik tidak akan bosan dalam mengikuti setiap pembelajaran yang kita disajikan.

  1. Media pembelajaran yang interaktif

Bagi peserta didik media pembelajaran adalah hal yang menarik dan ditunggu-tunggu oleh dalam pembelajaran. Guru dapat mempersiapkan media pembelajaran dengan baik, dengan memilih gambar yang menarik atau video pembelajaran yang seru. Karena disini peserta didik akan menilai kemampuan gurunya dalam memaparkan materi.

  1. Tidak berhenti untuk terus belajar

Untuk ini pastinya kita semua setuju, sejatinya pembelajaran dilakukan sepanjang hayat. Terutama saat ini, guru dituntut untuk terus berkembang dan berlari dalam mengejar ketertinggalan kita dalam menguasai teknologi. Karena pembelajaran sekarang berdampingan dengan teknologi. Mau tidak mau, setuju tidak setuju pandemi ini menuntut kita untuk beradaptasi dengan perubahan yang tidak menentu. Ditambah lagi pembelajaran tidak lagi berdasarkan teacher center namun sudah beralih menjadi student center. Banyak pelatihan-pelatihan yang bisa dikuti baik berbayar maupun tidak berbayar untuk mengasah kemampuan dalam menguasai teknologi. Pelatihan yang paling mudah diakses dan tidak berbayar adalah ayo guru belajar dan ayo berbagi. Disini kita akan mendapat banyak pengetahuan,keterampilan dan pengalaman hebat. Selain itu, kita bisa belajar kepada teman sejawat. Tidak perlu malu dalam bertanya jika memang belum tahu mengenai penggunaan aplikasi dan tidak perlu pelit untuk berbagi ilmu kepada teman sejawat bila kita sudah paham. Yang terakhir bisa dengan menonton tutorial pada tayangan video yang terdapat pada internet. Dengan menonton tutorial kita bisa langsung mengaplikasikannya.

 Itulah berbagai trik jitu yang bisa dimanfaatkan agar pembelajaran daring menjadi seru bagi para guru. Marilah kita terus bersemangat dalam menjalani pembelajaran baik secara daring maupun luring. Jangan menyerah ,semua ini pasti bisa dilewati bersama-sama. Ingat kita adalah garda terdepan untuk mendidik para generasi bangsa dan pastinya memajukan Indonesia. Selamat berjuang. Salam sehat untuk para guru. O iya, Selamat mencoba tipsnya juga ya.

Terimakasih.

 




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas