• gambar
  • gambar
  • SMP Negeri 160

Selamat Datang di Website SMP NEGERI 160 JAKARTA. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


SMP NEGERI 160 JAKARTA

NPSN : 20103564

Jl.SMP 160 No.34 TMII, Ceger, Cipayung Jakarta Timur


info@smpn160jkt.sch.id, smpn_160@yahoo.com, smpnseratusenampuluh@gmail.com

TLP : 0218441330


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 60969
Pengunjung : 25324
Hari ini : 83
Hits hari ini : 221
Member Online : 0
IP : 3.239.50.33
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

10 Wonder Woman Indonesia dengan kiprahnya yang Menginspirasi




Sumber : https://tirto.id/kongres-perempuan-indonesia-menginspirasi-lahirnya-hari-ibu-caDT

Kalian pasti kenal dan mengagumi sosok RA Kartini, sosok perempuan Indonesia yang menjadi panutan dan idola bagi kaumnya. Dimana beliau adalah seorang priyayi yang membela kaumnya agar terbebas dari belenggu kebodohan. Inilah cikal atau pintu penggerak para perempuan Indonesia bisa mengenyam bangku sekolah dan peranannya bisa diakui tidak hanya sebagai perempuan bodoh yang kerjaannya hanya seputar dapur dan melayani suami saja.

Guyss, di indonesia sangat banyak perempuan yang memiliki karier cemerlang dibidang yang ditekuninya. Tanpa melupakan kodratnya sebagai ibu rumah tangga maupun sebagai istri. Kiprah perempuan Indonesia mampu membuat kaum lelaki tidak memandang sebelah mata lagi, bahkan cenderung memberi dukungan dan dorongan serta semangat kepada siapa saja perempuan Indonesia yang total dan profesional dalam bidang yang ditekuninya.

Siapakah perempuan-perempuan tangguh yang menginspirasi tersebut, yukss kita kenalan …

  1. Sri Mulyani Indrawati, S.E, M.Sc., Ph.D

Sri Mulyani adalah anak ketujuh dari seorang dosen universitas bernama Prof. Satmoko dan ibu bernama Retno Sriningsih. Namanya bercorak Jawa dan berhuruf Sansekerta, memiliki arti yang bagus yaitu Sri berarti sinar atau cahaya atau bersinar. Sedangkan Mulyani berasal dari kata mulya yang berarti berharga dan Indrawati berasal dari kata indra dan akhiran feminin yaitu wati.

Wawww arti nama yang menjadi kenyataan bahwa Ibu Sri Mulyani menjadi perempuan yang paling bersinar di bidang perekonomian bukan hanya di Indonesia tapi juga mendunia. Yukss kita intip kiprahnya yang menginspirasi berikut ....

Sebelum menjadi Menteri Keuangan Republik Indonesia, Kabinet Kerja 2014-2019, Sri Mulyani Indrawati telah menjadi orang Indonesia pertama yang ditunjuk sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Perempuan yang lahir di Bandar Lampung, 26 Agustus 1962 ini juga pernah menjadi Menteri Keuangan RI pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Bahkan, seperti dikutip Wikipedia, ia dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia untuk tahun 2006 oleh Pasar Berkembang (Emerging Markets) pada 18 September 2006 di sela Sidang Tahunan Bank Dunia dan IMF di Singapura. Dia juga terpilih sebagai wanita paling disetujui ke-23 di dunia versi majalah Forbes tahun 2008 dan wanita paling berpengaruh ke-2 di Indonesia versi majalah Globe Asia pada bulan Oktober 2007.

Perempuan sederhana dengan rambut pendek yang memiliki niat dan bekerja keras untuk membawa perubahan bagi Indonesia ini juga merupakan seorang istri dari Tony Sumartono yang juga seorang ekonom dan dikaruniai tiga orang anak yang terdiri dari satu putri dan dua putra. Kehidupan keluarganya pun selalu menjadi inspirasi karena Sri Mulyani bisa menempatkan posisinya baik sebagai orang yang berpengaruh di pemerintahan juga merupakan ibu dari anak-anaknya yang sudah remaja akhir. Bahkan beliau rela bersama suami bahu membahu menabung dari gajinya sebagai menteri pada saat itu, agar bisa memberikan buku tabungan untuk putrinya yang akan kuliah di Australia.

Jadi selama hidupnya Sri Mulyani tidak pernah menggunakan gajinya untuk bersenang-senang tetapi untuk masa depan ketiga anaknya. Karena Ibu Sri selalu mengajarkan kepada ketiga anaknya bahwa hidup harus sesuai dengan kemampuan dan tetap di jalurnya.

  1. (H.C.) Susi Pudjiastuti

Perempuan Indonesia satu ini lahir di Pangandaran 15 Januari 1965 beliau adalah Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja 2014-2019 dan juga pengusaha sukses yang memiliki perusahaan PT ASI Pudjiastuti Marine Product, Produk Laut, eksportir hasil-hasil perikanan dan PT ASI Pudjiastuti Aviation atau penerbangan Susi Air dari Jawa Barat.

Pada saat ia menjabat menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, beliau terkenal sebagai menteri yang memiliki kebijakan tegas terhadap penangkapan ikan ilegal di perairan Indonesia, bahkan Istilah “Tenggelamkan” menjadi viral di media massa. Dia tidak segan-segan untuk menenggelaman kapal-kapal asing yang berkeliaran di laut Indonesia untuk mencuri SDA Kelautan.  Upaya ini membuahkan hasil, berkat kebijakan tersebut telah menambah jumlah tangkapan sebesar 14% dan keuntungan sebesar 12%. Sehingga ia mendapatkan penghargaan “Leaders For a Living Planet Awards” tahun 2016 dari WWF sebagai penghargaan atas perannya dalam memajukan pembangunan sektor perikanan yang dikelola, pelestarian alam laut, dan pemberantasan memancing ikan serta BBC 100 Wanita pada 2017.

Perempuan satu ini sangat menginspirasi kalangan muda dimana beliau merupakan adalah business woman paling berhasil hanya bermodalkan keteguhan hati dan kerja keras. Ia tak malu hanya bersekolah sampai SMA, tetapi dia bisa membuktikan bahwa pengalaman itu pembelajaran dan ilmu yang paling berharga. Terbuktikan bahwa Kementrian Kelautan dan Perikanan selama di bawah kepemimpinannya telah menenggelamkan 88 kapal pencuri ikan telah ditenggelamkan, terbanyak adalah kapal pencuri ikan dari negara Vietnam sebanyak 276 buah. Dengan kiprahnya ini, membuat ekspor ikan Indonesia meningkat.

Karena kiprahnya tersebut, beliau telah mengantongi berbagai jenis penghargaan yang berjumlah 49 buah penghargaan, yang terakhir pada tahun 2018 beliau mendapat penghargaan “Creative & Innovative Person of the Year” dari Indonesian Choice Awards NET. 5.0.

Nah kan .... kurang inspiratif apalagi coba bu susi ini ... tup top jobbb dech.

  1. (H.C.) Ir. Tri Rismaharini, M.T.

Tri Risma Harini, atau yang akrab disapa Risma ini lahir Kediri 20 November 1961 merupakan Wali Kota Surabaya. Dia menjadi perempuan pertama yang terpilih sebagai Wali Kota Surabaya. Pada Juli 2018, Surabaya menerima Penghargaan Lee Kuan Yew City Hadiah bersama Hamburg, Jerman; Kazan, Rusia; dan Tokyo, Jepang. Penghargaan ini diperoleh karena Surabaya dianggap sebagai salah satu kota besar di dunia yang mampu mendukung dan mengelola kampung di tengah kota dengan manajemen pemerintahan dan partisipasi masyarakat yang sangat baik di tengah perkembangan kota yang semakin berkembang dengan pesat. Surabaya menjadi kota pertama di Indonesia yang menerima penghargaan ini. Pada 2015, nama Tri Rismaharini masuk sebagai 50 tokoh yang ditentukan di dunia versi majalah Fortune bersama dengan CEO Facebook Mark Zuckerberg dan Perdana Menteri India Narendra Modi.

Penghargaan tersebut didapat karena kiprahnya dalam memimpin kota Surabaya selama menjabat sebagai gubernur. Banyak kebijakan yang telah beliau terapkan bahkan ia terjun langgung baik hanya sekedar mengontrol atau juga ikut bahu membahu bekerja dengan bawahannya. Bahkan tak segan-segan ia ikut merapikan dan membereskan taman yang rusak saat terjadi bagi-bagi es krim gratis pada waktu itu.

Salah satu kebijakan tersebut adalah dengan membuat taman-taman kota di jalan Raya Darmo dengan menggunakan konsep all in one entertainment park. Sehingga taman-taman tersebut yang dahulunya suram dan mati sekarang setiap malam selalu dipenuhi dengan warga Surabaya. Selain itu, Risma juga telah membangun jalus pedestrian dengan konsep modern sepanjang jalan Basuki Rahmat.

Beliau merupakan pemimpin yang tegas, pekerja keras, sebab selama masa kepemimpinannya sebagai wali kota, kota Surabaya telah meraih delapan kali piala adipura kencana sebagai kota metropolitan (2011-2017) serta adipura paripurna pada tahun 2018. Selain itu, banyak lagi penghargaan yang telah didapat oleh kota Surabaya. Tak hanya kotanya, Risma sendiri juga selalu menjadi kepala daerah perempuan pertama di Indonesia yang berulang kali masuk dalam daftar pemimpin terbaik dunia.

Hemmm .... bu Risma we love you, arek Suroboyo harus berbangga karena memiliki sosok perempuan tangguh dan baik hati tetapi tegas seperti beliau. Indonesiapun bangga ... yakannnn ....

  1. Najwa Shihab, S.H.

Perempuan yang akrab dipanggil Nana ini lahir di Makassar tanggal 16 September 1977 adalah mantan pembawa acara berita di stasiun televisi Metro TV. Nana merupakan putri kedua uraish Shihab, Menteri Agama era Kabinet Pembangunan VII. Nana merupakan istri dari Ibrahim Assegaf, dengan satu putra yang masih berusia 10 tahun.

Perempuan yang menginspirasi ini sangat mencintai dunia jurnalistik juga pernah menjadi anchor program berita prime time Metro Hari ini, Suara Anda, dan program Bincang-Bincang Mata Najwa. Pada tahun 2018, Nana mendirikan Narasi TV, sebuah perusahaan berita dan media omni-channel yang menciptakan dan mengelola beberapa konten.

Dari kiprahnya di dunia jurnalistik, Nana memperoleh penghargaan dari PWI Pusat dan PWI Jaya untuk laporan-laporannya dari Aceh, saat bencana tsunami melanda kawasan itu, pada Desember 2016. Karena laporan ini dinilai memberi andil bagi meluasnya kepedulian dan empati masyarakat luas terhadap tragedi kemanusiaan itu.

Selain itu, Nana juga menjadi pemenang di Asian TV Awards pada tahun 2013, lalu sebagai peraih Full Scholarship for Australian Leadership Awards di Australia.

“Najwa dan gerakan membaca” itulah dunia Nana saat ini, setelah berhenti sebagai pembawa berita. Dia mengampanyekan kecintaan pada buku, banyak berbicara dalam segala kesempatan tentang literasi karena kepeduliannya Nana juga terlibat dalam beberapa gerakan literasi. Sehingga karena kiprahnya ini, Nana ditunjuk sebagai Duta Baca Indonesia (2016-2020) oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Dengan tugas utamanya adalah menyebarkan minat baca ke penjuru negeri.

Selain Duta Baca Indonesia, Nana juga menjadi Duta Pustaka Bergerak, dengan sarana prasarana yang sederhana seperti menyebarkan buku memakai kuda, pedati, perahu, vespa, dan sebagainya. Nah .... tugas Nana adalah membangun kepedulian terhadap buku dan gerakan membaca, menyebarkan bahan bacaan ke berbagai penjuru negeri, dalam upayanya meningkatkan minat baca di Indonesia.

Guyss ...., keren kan Najwa Shihab dalam kiprahnya di dunia literasi.

  1. Dian Pelangi

Perempuan terinspirasi selanjutnya memiliki nama asli Dian Wahyu Utami ini lahir di Palembang tanggal 14 Januari 1991, merupakan salah satu pengusaha muda pendiri busana Dian Pelangi Fashion.

Dian Pelangi adalah desainer dan pengusaha perempuan yang populer di Indonesia dan internasional. Dian Pelangi telah memamerkan karyanya di Islamic Fashion (Pepin Press, Belanda), Pameran Internasional Dunia Muslim di Le Bourget, Paris, serta Pameran Mode Saudi Arabia 2014 di Blvgary Hotel, London.

Dia juga salah satu founder Hijaber Community, salah satu komunitas muslimah muda yang selalu aktif membagikan berbagai tips dan pengalaman yang berkaitan dengan hijab dan busana muslim. Selain itu Dian juga bergabung dalam Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI).

Dian Pelangi telah resmi menikah dengan Sandy Nasution setelah menjalankan taaruf selama beberapa waktu. Perempuan yang memiliki butik di Pekalongan itu pun langsung menjalani program hamil sehingga dia mengurangi aktifitasnya di dunia fashion.

  1. Asma Nadia

Asma Nadia adalah pendiri Lingkar Pena dan manajer Asma Nadia Publishing House lahir di Jakarta tanggal 26 Maret 1972. Asma Nadia merupakan anak kedua dari pasangan Amin Usman yang berasal dari Aceh dan Eri Susanti yang merupakan mualaf keturunan Tionghoa dari Medan. Ia memiliki seorang kakak bernama Helvy Tiana Rosa dan adik bernama Aeron Tomino. Mereka bertiga menekuni minat mereka dalam dunia menulis karena bakat yang diturunkan oleh kakek dari pihak ayah yaitu Teuku Muhammad Usman El Muhammady. Ia menikah dengan Isa Alamsyah yang juga seorang penulis dan dikaruniai dua orang anak dan mereka juga menuruni bakat kedua orang tuanya yaitu menekuni karir sebagai penulis.

Kini, Asma Nadia bekerja sebagai Direktur Yayasan Prakasa Insan Mandiri (Prima), diselingi dengan kegiatan anak melalui prime kids dan juga memberikan kursus bahasa Inggris. Asma juga termasuk anggota ICMI, juga memimpin Forum Lingkar Pena.

Duh .... sibuk banget ya guys penulis favorite kita ini.

Banyak karya yang telah dihasilkan bahkan guyss ada loh novel yang juga dijadikan film seperti Emak Ingin Naik Haji, Rumah Tanpa Jendela, Assalamualaikum Beijing.

Perempuan yang sangat menginspirasi ini juga merintis Rumah Baca dimana beberapa diantaranya memiliki sekolah dan kelas komputer serta juga dijadikan sebagai tempat tinggal bagi anak yatim secara gratis untuk membaca dan beraktivitas bagi anak-anak dan remaja dan kurang mampu.

Acunginnn jempol sepuluh kalo saya punya buat bu Asma Nadia.

  1. Ria Ricis

Youtuber satu ini bernama asli Ria Yunita, lahir di Batam tanggal 1 Juli 1995. Lebih dikenal dengan nama Ria Ricis, merupakan adik kedua dari penulis sekaligus aktris Oki Setiana Dewi.

Ricis pertama kali bergabung dengan youtube pada tahun 2016, langsung dengan dua kanal youtube yaitu Ricis Official dan Rumah Ricis dengan jumlah subscribers sekitar 17,1 juta, 719 video dan total di kedua kanal sebanyak 2.065.045.615. Ricis adalah perempuan Indonesia yang menduduki posisi pertama jumlah subscribe terbanyak di Indonesia menurut situs penghitung perkiraan pendapatan akun youtube, Nox Influencer. Tetapi secara keseluruhan Ricis berada di urutan keempat setelah Rans Entertainment, Atta Halilitar, dan Arif Muhammad.

Guysss, jika dibuat polling sekarang banyak anak Indonesia yang bercita-cita sebagai youtuber atau vloger loh, karena salah satunya terinspirasi oleh Ria Ricis dan bisa juga karena penghasilan yang di dapat dari youtube lumayan besar.

  1. Aries Susanti Rahayu

Kalian kenal Aries Susanti ?? pasti ga hehehe padahal dia salah satu atlet panjat dinding wanita yang mengharumkan nama Indonesia dikancah dunia. Nih ya baru-baru ini Indonesia kembali menjadi sorotan dunia berkat torehan prestasi di kejuaraan panjat dinding dunia. Altet cantik asli Grobogan ini berhasil merebut medali emas di ajang piala dunia Panjat Dinding (IFSC World Cup 2019) di Xiamen Cina. Selain menjadi juara, Aries juga berhasil memecahkan rekor dunia dengan catatan waktu 6,995 detik yang sebelumnya dimiliki Yi Ling Song dengan catatan waktu 7,101 detik.

Karena torehannya Ayu sapaan dari Aries Susanti dijuluki Spider Woman. Bahkan nantinya pencapaiannya di IFSC akan difilmkan dan dibintangi sendiri dengan judul 6,9 detik. Duhhh ... keren bingitss kan guys.

Ayu yang lahir di Grobogan tanggal 21 Maret 1995, saat ini masih menjalani perkuliahan di Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus).

Gimana guys, yang suka manjat-manjat boljug nih ngikutin bakatnya Aries Susanti menjadi atlet Panjat Dinding. Siapa tau kalian bisa sepertinya ... Aamiin

  1. Renatta Moeloek

Perempuan terinspirasi satu ini salah satu chef perempuan yang juga menjadi juri di Master Chef Indonesia bernama asli Putri Renatta R. Moeloek lahir pada tanggal 17 Maret 1994. Chef Renatta menyelesaikan pendidikan memasaknya di Le Cordon Bleu Culinary Art di Prancis pada tahun 2018.

Perempuan yang mendalami dunia kuliner ini memiliki banyak kesibukan saat ini yaitu mengerjakan berbagai kegiatan private dinner “Maindine” yang merupakan komersial event untuk perusahaan, kedutaan besar, group dan pop-up kitchen di sejumlah restoran di Indonesia. Dan juga dia membuka restoran bernama Fedwell dengan konsep ‘healty food’.

Selain itu dia juga aktif memperkenalkan kuliner Indonesia melalui kegiatan-kegiatan kuliner di luar negeri terutama di Eropa bersama Chef Maxie Milliam lewat tur bertajuk “Rise of Our Anchestors”.

Sikapnya yang cool dan tegas tapi tetap cantik saat memandu acara Master Chef Indonesia bersama dengan Chef Arnold dan Chef Juna, sangat dikangeni oleh para kontestan bahkan bisa mengaburkan kefokusan para kontestan.

Hehehhehe ....

  1. Anggun Cipta Sasmi

Penyanyi asal Indonesia yang berkarir di luar negeri ini lahir di Jakarta tanggal 29 April 1974. Mengawali karirnya sebagai penyanyi rock dengan merilis singel berjudul “Mimpi” pada tahun 1989. Berkat beberapa singel hits seperti “Tua Tua Kelad”, “Laba-Laba”, “Takut”,  “Nafas Cinta”, dan “Kembalilah Kasih” membawa Anggun sebagai Artis Indonesia Terpopuler 1990-1991 dari majalah Populer.

Anggun merupakan penyanyi Indonesia pertama yang berhasil menembus industri musik internasional bahkan album-albumnya telah meraih beberapa penghargaan gold dan platinum di beberapa negara eropa.

Anggun sering dijuluki sebagai “Diva Indonesia” oleh media dalam maupun luar negeri. Bukan hanya karena pencapaiannya tetapi memang suara anggun memiliki karakter yang kuat. Jenis suara Kontralto yang tebal serta teknik improvisasi vocal yang unik membuat banyak pengamat musik internasional memuji dan sering menyebutnya “Annie Lennox” dari Asia.

Anggun tidak pernah melebarkan sayap karirnya ke bidang lain di luar musik. Bahkan dia mengatakan bahwa “Aku lahir sebagai penyanyi”, aku tidak akan mencoba profesi lain karena menurutku masih banyak orang yang memang dilahirkan untuk menjadi bintang film atau model. Tapi aku merasa bahwa musik adalah panggilan jiwaku.

Kesuksesan Anggun secara langsung atau tidak telah membuka jalan bagi penyanyi Asia lainnya yang ingin mencoba peruntungannya diblantika musik Eropa dan Amerika. Ini yang sedang dicoba ditaklukan oleh Agnes Mo.

Oleh sebab itu, Anggun merupakan orang Indonesia kedua setelah Proklamator Soekarno yang diabadikan dalam patung lilin oleh Museum Madame Tussauds di Bangkok, Thailand. Dia juga telah dua kali didaulat menjadi duta global PBB yaitu untuk program Mikrokredit pada tahun 2005 dan Food and Agriculture Organization (FAO) tahun 2009. Banyak penghargaan juga yang telah diraih salah satunya anugrah prestisius “Chevalier des Arts et Lettres” dari pemerintah Prancis dan World’s Best Selling Indonesian Artist” dari World Music Award sebagai artis Indonesia dengan penjualan album tertinggi di seluruh dunia. Inilah yang membuat Anggun menjadi juri dengan bayaran termahal dalam sejarah pertelevisian di Indonesia.

Nah ..., sudah tau kan kenapa saya menyebut mereka wonder woman ? Tepat, karena kiprah mereka yang sangat menginspirasi di bidang yang mereka tekuni tentu saja. sepuluh wanita ini hanya seper sekian dari banyaknya wanita Indonesia lainnya yang tentu saja sangat menginspirasi kita semua khususnya saya pribadi. bahwa tidak ada yang tidak mungkin. 

Penulis : Wahyu Wijayanti

Tanggal : 21 Maret 2020




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas