• header

Selamat Datang di Website Resmi SMP NEGERI 160 JAKARTA | Terima Kasih atas Kunjungannya.

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMP NEGERI 160 JAKARTA

NPSN : 20103564

Jl. SMP 160 TMII Ceger Cipayung Jakarta Timur


admin@smpn160jkt.sch.id

TLP : 021-8441330


          

Banner

Jajak Pendapat

No Poles setup.

Statistik


Total Hits : 169408
Pengunjung : 43326
Hari ini : 21
Hits hari ini : 111
Member Online : 1
IP : 54.221.147.93
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING

Tanggal : 04/08/2018

 

Kata Pengantar

 

 

Dengan penuh kerendahan hati penulis panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa,karena atas berkat rahmatNya dan bimbinganNya penulis dapat menyelesaikan tugas pembuatan program kerja bimbingan dan konseling yang akan dijadikan pedoman bagi pelaksanaan kegiatan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 160 Jakarta, sehingga diharapkan program ini dapat berhasil untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dalam hal ini adalah out put peserta didik.

Dalam setiap satuan pendidikan bimbingan dan konseling merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam setiap kegiatan belajar,karena memiliki peranan yang sangat penting untuk memberikan layanan yang prima bagi segenap peserta didik memerlukan bantuan untuk mengatasi setiap permasalahan yang dihadapi peserta didik dalam  proses pembelajaran.

Agar kegiatan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 160 Jakarta dapat berjalan secara efektif dan efisien, maka perlu landasan pacu yang baik untuk mencapai keberhasilan dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling tersebut, untuk itulah penulis menyadari perlunya program kerja bimbingan dan konseling, maka sedikit demi sedikit penulis menyusun program kerja ini dari awal hingga terselesaikannya program ini secara keseluruhan.

Segenap personal sekolah lainnya, terutama kepala sekolah, guru mata pelajaran dan wali kelas diharapkan dapat bekerjasama untuk membantu kelancaran tugas–tugas guru bimbingan dan konseling sesuai dengan wewenang dan tanggung jawabnya.

Sebagai manusia biasa penulis tentu memiliki banyak kekurangan dan keterbatasan pengetahuan dalam menyusun program ini, sehingga penulis menyadari bahwa program ini masih jauh dari kesempurnaan, sebagai upaya penyempurnaan program bimbingan dan konseling ini, maka penulis secara terbuka menerima saran dan masukan dari semua pihak demi perbaikan program bimbingan dan konseling ini.

Tak lupa penulis ucapkan banyak-banyak terima kasih kepeda semua pihak yang telah membantu memberikan data,masukan dan saran dalam kaitannya dengan penyusunan program kegiatan bimbingan dan konseling ini

 

 

                                                                                                                 Jakarta, 10 Juli 2017             

           Mengetahui                                                                                                                                                                                           

           Kepala Sekolah,                                                                            Penyusun,

 

 

 

          Herda Linda Sirait, M.Pd.                                        

          NIP 196206301987032006

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

LEMBAR PENGESAHAN

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I  PENDAHULUAN

  1. LATAR BELAKANG
    1. LANDASAN REGULASI
    2. LANDASAN KEILMUAN
    3. LANDASAN FILOSOFIS
    4. LANDASAN PSIKOLOGIS
    5. LANDASAN SOSIAL BUDAYA
    6. LANDASAN RELEGIUS
    7. LANDASAN PEDAGOGIK
  2. DASAR HUKUM BIMBINGAN DAN KONSELING
  3. TUJUAN
  4. MANFAAT
  5. UNSUR-UNSUR PENYUSUNAN PROGRAM

BAB II  BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH

  1. VISI DAN MISI BIMBINGAN DAN KONSELING
  2. . VISI SEKOLAH
  3. MISI SEKOLAH
  4. TUJUAN KHUSUS
  5. PERMASALAHAN
  6. RENCANA KEGIATAN DAN OPERASIONAL
  7. BIDANG BIMBINGAN
  8. FUNGSI BIMBINGAN DAN KONSELING

G.. JENIS-JENIS LAYANAN

  1. . KEGIATAN PENDUKUNG
  2. FORMAT KEGIATAN

 

 

 

 

 

BAB III PROGRAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH

  1. JENIS JENIS PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING
  2. PROGRAM HARIAN
  3. . PROGRAM MINGGUAN
  4. . PROGRAM BULANAN
  5. PROGRAM SEMESTERAN
  6. PROGRAM TAHUNAN
  7. . PENYUSUNAN PROGRAM
  8. . KEGIATAN BIMBINGAN DAN KONSELING
  9. . PENILAIAN BIMBINGAN DAN KONSELING
  10. TAHAP-TAHAP PENILAIAN
  11. PENJADWALAN
  12. PENGAWASAN KEGIATAN
  13. PEMBAGIAN TUGAS GURU BIMBINGAN DAN KONSELING
  14. TINDAK LANJUT
  15. LAPORAN
  16. ANGGARAN

BAB IV PENUTUP

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                       BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. LATAR BELAKANG
  2. LANDASAN REGULASI

Dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah tentunya harus mengikuti garis-garis besar yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan sebagai landasan regulasi yaitu Undang Undang no 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 butir (1) menegaskan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif  mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,pengendalian diri,kepribadian,kecerdasan,ahlak mulia,serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat,bangsa dan negara. Pasal 3 pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak  serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia,sehat, berilmu, cakap,kreatif,mandiri,dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

  1. LANDASAN KEILMUAN

1)  Pengertian Bimbingan dan Konseling

Adapun pengertian dari bimbingan dan konseling itu sendiri merupakan terjemahan dari guidance and counseling dalam bahasa inggris, secara harfiyah istilah guidance itu diambil dari akar kata guide yang berarti .

  1. Mengarahkan (to direct).
  2. Memandu (to pilot )
  3. Mengelola (to manage)
  4. Menyetir (to steer)

              Namun masih banyak lagi penegertian bimbingan dan konseling yang dikemukakan para ahli   diantaranya Sunaryo Kartadinata (1998:3) mengartikan sebagai proses  membantu individu untuk mencapai perkembangan optimal. Sedangkan Rochman Natawijaya(1987:37) mengartikan biombingan sebagai suatu proses pemberian bantuan kepada individu yang dilakukan secara berkesinambungan , supaya individu tersebut dapat memahami dirinya, sehingga sanggup mengarahkan dirinya. ....

 

PROGRAM BK SELENGKAPNYA Unduh DI SINI

 



Kembali ke Atas


Info Sekolah Lainnya :